Breaking

Kamis, 01 Maret 2018

Berbisnis Aneka Minuman, Lokasi dan Timing Itu Penting

Mau berbisnis yang berhubungan dengan kuliner namun Anda tak bisa memasak ataupun ingin sesuatu yang beda? Anda bisa mencoba untuk berbisnis aneka minuman. Orang tidak selalu ingin makan, tapi mereka akan sering merasa haus. Dengan Anda menjual minuman di tempat dan waktu yang tepat, Anda bahkan akan mendapatkan profit yang sangat lumayan. Apalagi karena minuman ini sendiri ada banyak macamnya.

Sebelum terjun untuk berbisnis minuman, Anda pertama-tama harus tahu dulu siapa konsumen Anda. Antara anak sekolah, mahasiswa, pekerja kantoran, maupun para ibu, semua memiliki preferensi yang berbeda-beda. Anda sendiri juga harus mempertimbangkan soal hal-hal berikut ini:

Berbisnis Aneka Minuman, Lokasi dan Timing Itu Penting


Bentuk dari bisnis Anda - apakah Anda akan membuka gerobak kaki lima, warung, berkeliling dari rumah ke rumah, atau bahkan sekalian membuka kafe? Pertimbangkan ini dulu.
Lokasi - akan lebih baik lagi jika bisnis Anda berada di tempat di mana orang sering merasa haus. Misalnya di dekat jalanan yang panas, dekat dengan sekolah atau perkantoran, maupun di kawasan dengan udara yang dingin.
Jenis minuman - apakah Anda hanya akan mengkhususkan diri untuk minuman tertentu? Atau Anda memilih untuk menjual beberapa jenis sekaligus?
Instan atau racikan - apakah Anda akan menjual produk secara instan atau menjual racikan minuman yang Anda buat sendiri?
Promosi - bagaimana caranya nanti Anda mempromosikan usaha Anda tersebut?

Soal bentuk bisnis dari menjual aneka minuman, Anda bisa melakukan hal berikut:

1. Berjualan aneka macam minuman tradisional seperti wedang jahe, bajigur, bandrek, dan segala minuman tradisional lain. Lengkapi dengan menjual berbagai makanan kecil tradisional.
2. Membuka kedai kopi untuk meracik berbagai macam jenis minuman berbahan dasar biji kopi.
3. Menjual minuman dingin seperti es teler, es buah, dan berbagai macam produk minuman dingin lainnya.
4. Khusus berjualan aneka teh dan makanan ringan, terutama ketika lokasi Anda ada di daerah pegunungan atau tempat lain yang dingin.
5. Berjualan jus buah dan segala macam variasinya.

Kenapa harus usaha minuman dan bukan usaha yang lainnya? Ada banyak alasan kenapa. Tapi salah satunya adalah kenyataan bahwa orang selalu butuh minum. Baik itu air putih, air dingin, teh botol, orang selalu butuh minum lebih banyak dibanding butuh makan. Satu lagi, karena harga dari minuman yang lebih murah dibandingkan dengan makanan, orang cenderung lebih royal membeli minuman. Mereka tak akan ragu untuk membeli berulang kali selama harga minuman per porsinya tersebut murah.

Jadi, bagaimana agar Anda bisa sukses dalam berjualan minuman? Inilah yang bisa Anda lakukan:

Timing yang tepat adalah salah satu kunci. Di siang hari yang panas, Anda akan lebih sukses dalam menjual berbagai minuman dingin, dari minuman botolan sampai jus buah dingin dan segar.
Lokasi Anda juga sangat menentukan. Berjualan minuman di dekat sekolahan selalu menjadi pilihan yang bagus. Demikian juga dengan berjualan di dekat kampus atau perkantoran.
Tata dan perlihatkan minuman yang Anda jual dengan menarik, sehingga membuat mata orang jadi tertuju padanya, baik karena warna, terlihat segar, maupun karena logo produk Anda.

Membuat brand Anda sendiri juga bisa menjadi cara agar orang tertarik. Tapi ini biasanya memerlukan waktu lama, hal yang bisa Anda bangun pelan-pelan begitu bisnis aneka minuman Anda sudah berjalan selama beberapa waktu. Hal yang penting adalah Anda mendapatkan pelanggan setia dulu, yang mengenali Anda dan kualitas minuman yang Anda sediakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox