Breaking

Kamis, 08 Maret 2018

Inilah Beberapa Tandanya Jika Transmisi Mobil Anda Sudah Mulai Rusak

Merk dan model mobil dari beritaoto.net memang saat ini sudah ada banyak sekali, mulai dari yang dikeluarkan oleh perusahaan sendiri mau pun perusahaan yang berasal dari luar negeri. Namun, meski ada begitu banyak model mobil yang masuk ke pasar Indonesia, jenis mobil yang diperjualbelikan hanyalah 2 jenis saja, jika dilihat dari transmisi yang digunakan, yakni transmisi otomatis dan transmisi manual. Memang masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan yang berbeda-beda, namun komponen tersebut nyatanya sering terkena masalah karena adanya faktor dari sang pemakai mau pun karena faktor usia mobil. Masalah yang timbul pada mobil Anda memang pada awalnya sulit untuk terdeteksi, namun hal ini bisa Anda lihat dari tanda-tandanya. Berikut ini adalah beberapa pertanda yang bisa Anda gunakan sebagai gejala awal dari transmisi mobil Anda yang mulai rusak:

Inilah Beberapa Tandanya Jika Transmisi Mobil Anda Sudah Mulai Rusak

1. Memberi Respon yang Telat

Pertanda yang paling jelas dari transmisi mobil yang mulai rusak adalah ketika Anda sedang menginjak gas dan mengeluarkan deruan yang cukup keras, namun nyatanya kendaraan Anda berjalan dengan lambat serta tidak normal. Hal tersebut dikarenakan bagian dari plat kopling atau drive plate pada mobil Anda sudah terlalu tipis. Jika pada mobil transmisi otomatis, biasanya dikarenakan bagian body valve-nya sudah semakin melemah dan tidak dapat memberikan kinerja yang baik.

2. Suara Menderung

Hal lainnya yang bisa Anda jadikan pertanda bahwa komponen transmisi Anda mengalami masalah dan hampir rusak adalah jika transmisi Anda mengeluarkan suara yang menderung. Jika suaranya semakin lama semakin keras, serta muncul suara seperti benda tumpul yang di ketukan atau saling diadukan, maka hal ini menandakan transmisi Anda mengalami masalah. Biasanya, suara tersebut berasal dari transmisi yang berbenturan karena pergerakannya melambat akibat oli yang tidak mendorongnya dengan kuat.

3. Kebocoran

Jika transmisi mobil Anda mengeluarkan cairan, maka hal ini sudah jelas bahwa bagian tersebut mengalami masalah. Pada mobil matic, cairan transmisi sangat penting karena dapat berguna untuk pertukaran gear. Jadi jika terjadi kebocoran, maka hal ini dapat mengakibatkan masalah yang cukup serius sifatnya. Cairan yang baik adalah yang berwarna merah terang serta terlihat bersih dan berbau sedikit manis. Selalu cek dengan membuka kotak transmisinya, namun akan lebih baik untuk membawanya ke bengkel resmi atau langganan Anda.

4. Bergetar

Sebenarnya ada banyak sekali yang dapat menyebabkan mobil terasa bergetar, salah satunya pada mobil matic adalah jika adanya masalah pada bagian transmisinya. Anda harus sering memeriksa kampas kopling karena komponen tersebut bisa saja mulai aus dan akhirnya membuat permukaan dari kampas kopling mobil Anda menjadi tidak rata. Jika sudah mulai bergetar, ada baiknya untuk membawa mobil kesayangan Anda untuk diperbaiki di bengkel terpercaya atau bengkel resmi yang sesuai dengan model dan jenis mobil Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox