Breaking

Selasa, 24 April 2018

Kiat Jual Mobil Bekas dengan Harga Tinggi

Ada kalanya memiliki mobil yang sama dalam waktu lama memang membosankan. Selain itu pemakaian yang sudah lama juga mempengaruhi kondisi mesin serta biaya perawatan yang berkala dan memerlukan dana tak sedikit. Namun untuk membeli sebuah mobil baru lagi tentu diperlukan dana yang cukup besar sehingga pilihan terakhir adalah Anda harus merelakan mobil bekas tersebut untuk dijual. Jual kendaraan bekas cukup menyulitkan karena harga jual mobil yang terus turun dan Anda perlu menemukan pembeli yang juga menginginkan mobil bekas Anda tersebut.


Memang penurunan harga adalah hal yang wajar dalam dunia otomotif, apalagi mobil bekas. Namun sebisa mungkin jangan sampai Anda rugi terlalu banyak. Agar Anda bisa jual mobil dengan harga yang cukup tinggi, maka terapkan kiat berikut ini, diantaranya:

  • Periksa kondisi mobil secara keseluruhan

Sebelum memutuskan untuk menjualnya, pastikan Anda sudah memeriksa kondisi keseluruhan mobil terlebih dahulu. Mobil bekas yang akan dijual harus dalam kondisi baik dan siap pakai sehingga nantinya pembeli Anda tidak akan kecewa. Ganti oli dan lakukan tune up pada mesin sesuai jadwalnya, selain itu cek juga keseluruhan suku cadangnya dan bila menemukan suku cadang yang sudah jelek atau rusak, maka segera ganti. Cek kembali AC, central lock dan power window karena fitur tersebut adalah yang paling mudah dicek oleh pembeli.

  • Bersihkan mobil

Jangan sampai ketika pembeli datang untuk menawar mobil, mobil tersebut sedang dalam kondisi kotor dan berdebu. Untuk itu bersihkan bagian luar dan dalamnya. Cuci hingga mengkilat bagian body dan kaca mobil. Selain itu perhatikan kebersihan bagian ban mobil. Bila perlu Anda bisa membawanya ke salon mobil sehingga pencucian bisa dilakukan lebih efektif baik luar maupun dalam mobil agar pembeli tidak kecewa ketika masuk ke dalam mobil Anda.

  • Cek harga pasaran

Selanjutnya lakukan pengecekan pada harga pasaran mobil baik lewat majalah otomotif ataupun internet. Anda juga bisa langsung mendatangi showroom untuk mobil bekas sehingga bisa mendapatkan harga lebih valid. Dengan memiliki informasi yang lengkap, maka Anda bisa memasang harga sesuai dengan kondisi mobil bekas Anda. Pertimbangkan juga biaya perawatan serta perbaikan yang sudah Anda lakukan pada mobil tersebut beberapa hari terakhir. Anda juga harus memiliki kisaran harga maksimal dan minimal demi antisipasi terhadap pembeli yang menawar.

  • Cara penjualan

Banyak cara bisa dilakukan dalam memasarkan mobil bekas Anda, mulai dari mengikuti pameran penjualan mobil, lewat koran atau internet. Untuk pemasangan lewat koran dan internet, Anda bisa mendapatkan harga yang lumayan tinggi karena pangsa pasarnya lebih besar dan bisa bertemu langsung dengan para pembeli. Namun jika Anda memilih langsung membawanya ke showroom, maka bersiaplah untuk mendapat harga yang rendah. Pertimbangkan untuk memakai jasa makelar, namun Anda perlu membayar biaya jasanya.

  • Cara transaksi

Setelah Anda menemukan pembeli yang dirasa cocok dan telah sepakat dengan harga, maka pastikan untuk melakukan pembayaran dengan aman bagi kedua belah pihak. Apabila transaksi tersebut dalam jumlah yang cukup besar, maka lebih baik lakukan di bank sehingga keamanan lebih terjamin. Selain itu mintalah bukti transaksi dan tanda kesepakatan. Mengingat jual mobil bekas cukup beresiko pada ketidakpuasan pembeli, maka deskripsi kan mobil secara jujur dan sesuai dengan keadaan mobil Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox