Breaking

LightBlog

Sabtu, 14 April 2018

Strategi Merintis Usaha Jual Beli Spare Part Mobil

Kegiatan bongkar pasang mobil mungkin bagi sebagian besar penggemar otomotif adalah sebuah kebiasaan yang mesti mereka lakukan. Entah apa tujuan dari mereka melakukan itu, hanya sekedar untuk mengecek kondisi mesin mobil ataukah ingin mengganti bagian-bagian lain pada mobil mereka, yang pasti hal tersebut terus dan akan terus mereka lakukan sebagai sebuah kebiasaan. Melihat membludaknya jumlah mobil saat ini dan bertambahnya para penggemar fanatik dunia otomotif yang satu ini, nampaknya peluang bisnis jual beli spare part mobil dapat dijadikan suatu peluang untuk mencari keuntungan bagi para pelakunya.


Bisnis yang satu ini agaknya memang mulai marak dan ramai membanjiri dunia otomotif di Indonesia, mulai dari bisnis spare part mobil baru dengan skala bisnis besar hingga bisnis spare part mobil bekas dengan skala kaki lima dapat dengan mudah Kita temui di Indonesia. Model pemasaran bisnis ini pun sangat beragam dari model marketing konvensional hingga model marketing online dengan memanfaatkan perkembangan teknologi pun dapat dengan mudah Kita temui.

Jika Anda tertarik untuk menjalankan model usaha ini, ada baiknya Anda memulainya dari skala terkecil dengan resiko kerugian yang dapat diminimalisir. Modal utama yang harus Anda miliki dari bisnis jual beli ini adalah pengetahuan mengenai jenis-jenis spare part mobil dan fungsi utamanya. Pengetahuan mengenai jenis dan fungsi spare part mobil sangat Anda butuhkan agar nantinya ketika Anda melayani para customer Anda tidak kebingungan dan dapat dengan lancar dan tegas menjawab semua pertanyaan dari para customer.

Hal lain yang dapat Anda jadikan modal utama dalam membangun bisnis spare part mobil adalah kemampuan Anda dalam berkomunikasi secara baik dan sopan. Kemampuan inilah yang akan Anda gunakan sebagai alat utama dalam membangun relasi penjualan. Karena pada dasarnya bisnis jual beli spare part mobil merupakan bisnis penjualan yang mengharuskan Kita untuk berhadapan baik secara langsung maupun tidak kepada konsumen Kita. Jadi pastikan kemampuan komunikasi secara baik dan sopan Anda terlatih dengan benar.

Untuk memulai bisnis jual beli ini, ada baiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini sebagai pedoman dalam merintis bisnis tersebut, antara lain:

  • Pilihlah tempat usaha yang benar-benar strategis dan dapat dengan mudah dijangkau oleh konsumen.
  • Pilihlah mitra kerja yang benar-benar solid dan memiliki reputasi yang baik dalam dunia perotomotifan.


  • Juallah spare part yang benar-benar berkualitas dan memiliki garansi untuk spare part baru, jika Anda menjual spare part bekas pastikan barang tersebut masih dalam kondisi baik dan dapat dipergunakan kembali oleh konsumen.


  • Berikanlah penjelasan mengenai kondisi yang sebenar-benarnya dari spare part rekondisi yang Anda jual
  • Jika Anda membeli kembali spare part dari konsumen Anda, pastikan terlebih dahulu kondisi spare part tersebut, dan belilah dengan harga yang sewajarnya, jangan pernah menjelekkan kondisi spare part yang konsumen jual kepada Anda dan menghargainya dengan harga yang tidak wajar.
  • Layanilah semua pertanyaan konsumen dengan ramah dan tanpa keluhan.
  • Pastikan juga anda menyediakan jasa pemasangan ataupun perbaikan spare part mobil di toko Anda.

Dengan memberikan pelayanan yang terbaik, bisnis jual beli spare part mobil yang Anda rintis, akan secara otomatis berkembang dengan sendirinya. Karena pada dasarnya promosi yang terbaik adalah promosi yang dilakukan oleh para customer yang pernah menggunakan jasa ataupun membeli barang pada usaha Kita. jadi lakukanlah usaha jual beli ini dengan sepenuh hati dan berikan pelayanan terbaik bagi pelanggan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox