Breaking

Jumat, 25 Mei 2018

Inilah Persyaratan untuk Melakukan Kredit Tanpa Jaminan

Kredit tanpa jaminan (KTA) merupakan sebuah pinjaman yang dilakukan oleh seseorang dan ditawarkan oleh bank sebagai salah satu fasilitas dari bank untuk mendapatkan uang tanpa menggunakan jaminan misalnya surat tanah atau surat penting lainnya. Pinjaman ini tidak hanya untuk orang yang ingin membangun sebuah usaha atau bisnis yang memerlukan modal besar namun untuk siapa saja yang memerlukan dana. Dana yang dapat diberikan mencapai Rp 200 juta tergantung dari pihak masing-masing bank.
 
 
Syarat umum yang diberikan oleh bank kepada calon debitor antara lain:

Merupakan WNI atau warga negara Indonesia yang tinggal atau berdomisili di Indonesia
  • Umur minimum calon debitor adalah 21 tahun atau sudah menikah dan umur maksimal adalah 55-60 tahun pada saat waktu pelunasan berakhir. Umur maksimal tergantung pada ketentuan dari pihak bank.
  • Memiliki pekerjaan tetap dan penghasilan minimal adalah Rp 2,5 juta atau tergantung dari ketetapan bank dan masing-masing kota.

Cara kerja dari pinjaman tanpa jaminan adalah bank memberikan jaminan pada debitor sesuai pada dokumen dan data yang didapatkan misalnya lewat wawancara. Pemberian kredit yang tidak menggunakan jaminan didasarkan juga pada kemampuan pengelolaan keuangan calon debitor. Pihak bank yang menerima persyaratan dan dokumen akan melakukan analisa sebelum memutuskan untuk menyetujui permintaan pinjaman.

Langkah pertama menentukan bank yang menawarkan fasilitas tersebut. Sebaiknya pilih bank yang memiliki reputasi bagus dalam layanan tersebut dan sesuai dengan keinginan agar tidak terjadi masalah nantinya seperti keterlambatan pembayaran angsuran. Jika Anda memiliki kartu kredit, akan menjadi poin lebih karena dalam pengajuan kredit ini, kepemilikan kartu kredit dapat membuat pengajuan menjadi lebih mudah. Karena dengan adanya kartu kredit, pihak bank akan dapat mengontrol pola pembayaran yang dilakukan. Waktu atau umur kartu kredit yang dapat diajukan untuk peminjaman adalah sekitar 1 tahun atau tergantung pihak bank.

Langkah selanjutnya untuk mendapatkan pinjaman tanpa menggunakan jaminan diantaranya yaitu:

  • Mempersiapkan dokumen yang diperlukan, diantaranya yaitu:
  1. Salinan identitas diri (KTP, SIM, Passport).
  2. Salinan kartu keluarga.
  3. Fotokopi surat nikah atau surat cerai.
  4. Fotokopi NPWP.
  5. Salinan rekening tabungan selama 3 bulan terakhir.
  6. Slip gaji dan surat keterangan kerja asli untuk karyawan atau pegawai dan profesional.
  7. Fotokopi TDP, SIUP, NPWP untuk pengusaha atau wiraswasta.
  8. Fotokopi surat ijin praktek untuk profesional seprei pengacara, notaris dan dokter.
  9. Salinan laporan keuangan untuk pengusaha atau wiraswasta. 
  • Mendatangi bank atau mendaftar secara online yang disertakan dengan dokumen yang telah disiapkan sebelumnya dan mengisi form dengan data sesungguhnya.
  • Setelah pihak bank menerima persyaratan, dokumen dan formulir yang diperlukan, bank akan melakukan proses verifikasi dengan cara wawancara secara langsung atau melalui telepon. Pengecekan ini untuk menentukan apakah Anda sesuai atau berhak untuk mendapatkan dana atau pinjaman dari bank.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox