Breaking

Rabu, 11 Juli 2018

4 Jenis Minyak Rem Mobil yang Paling Sering Dipakai Masyarakat

Rem kendaraan adalah salah satu komponen paling penting yang memiliki fungsi untuk menghentikan laju kendaraan, sehingga sering kali ketika rem ini bermasalah maka resiko kecelakaan juga semakin tinggi. Sebenarnya masalah yang terjadi pada rem kendaraan ini bisa dicegah jika Anda melakukan perawatan pada mobil secara tepat. Langkahnya dimulai dengan cara selalu mengecek kondisinya, bagaimana kondisi kampas dan yang tak kalah penting adalah minyak rem. 

Hasil gambar untuk minyak rem mobil
 
Nyatanya memang minyak rem ini tak kalah penting seperti halnya oli mobil yang digunakan sebagai pelumas kendaraan, kinerja kendaraan akan semakin bagus jika bagian pelumas diganti secara berkala, jadi tarikan kendaraan juga akan semakin nyaman. Pada dasarnya setiap mobil memang dibekali dengan adanya minyak rem ini, namun dengan spesifikasi yang berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraan tersebut. Pabrikan biasanya sudah menyarankan satu jenis minyak rem untuk digunakan dalam pergantiannya.

Biasanya produk yang direkomendasikan oleh produsen memang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari kendaraan tersebut, adapun setidaknya berikut ini beberapa tipe dari minyak rem ini yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. DOT 3, bahan yang dipakai dalam pembuatan minyak rem yang satu ini adalah terbuat dari glikol eter, material yang satu ini memang terbilang paling ekonomis dibandingkan dengan yang lainnya, sehingga harga untuk seri yang satu ini juga terbilang cukup murah atau terjangkau.
  2. DOT 4, untuk minyak yang satu ini terbuat dari bahan dasar glikol eter, namun dicampur dengan material lain yaitu ester borat, dengan adanya ester borat ini berfungsi dalam memperbaiki beberapa sifat dari minyak rem tersebut jadi semakin bagus.
  3. DOT 5.1, jenis yang satu ini dikenal juga dengan nama DOT 4 Super atau Plus, minyak rem tersebut terbuat dari bahan dasar glikol eter, namun dengan kualitas atau standard DOT 5, jadi benar-benar bagus, hal ini jugalah yang membuat harganya cukup mahal, sehingga sering kali konsumen yang menggunakannya juga lebih senang mencampurkan DOT 5.1 ini dengan DOT 3.
  4. DOT 5, bahan dari minyak rem ini agak berbeda dengan jenis-jenis yang lainnya, karena memang terbuat dari silicon, karena bahannya adalah cairan silicon, sehingga kualitasnya tak bisa dianggap remeh, lebih bagus dibandingkan dengan 3 jenis yang lainnya, sistem pertanyaan terhadap korosi jauh lebih baik dan memiliki nilai titik didih yang tinggi. Harga jualnya juga sangat mahal.

Jangan salah dalam memilih minyak rem untuk mobil Anda, semakin tinggi nilai DOT dari minyak rem tersebut bisa dikatakan kemampuannya juga semakin tinggi dalam menghadapi suhu kerja yang ekstrim. Biasanya untuk penggantiannya sendiri tak hanya bisa dilakukan di bengkel, melainkan juga dilakukan sendiri di rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox