Breaking

Jumat, 17 Agustus 2018

Tenang! Saat Motor Mendadak Mati, Lakukan Saja Hal Ini!

Masyarakat Indonesia umumnya menggunakan sepeda motor sebagai kendaraan utama. Sayangnya, tidak semua orang yang menggunakan kendaraan bermotor tersebut mengerti mengenai mesin yang dipergunakan pada motor tersebut sehingga saat motor mati secara mendadak, tidak sedikit yang panik terutama wanita. Namun, untuk mengatasi hal tersebut, terdapat ‘pertolongan pertama’ yang bisa Anda lakukan.
 
 Hasil gambar untuk motor mogok

Cara pertama adalah cek tangki bahan bakar Anda. Walaupun terlihat sepele namun masalah ini kerap dialami oleh sebagian besar orang karena lupa untuk mengisi bensin ataupun kesalahan indikator bahan bakar. Namun, cara ini hanya bisa dilakukan untuk Anda yang memiliki kendaraan bermotor yang belum mengadopsi sistem teknologi injeksi. Jika setelah Anda memeriksa bagian tersebut dan ternyata bahan bakar masih cukup untuk menjalankan kendaraan bermotor maka anda harus memeriksa karburatornya.

Cek apakah di bagian karburator motor tersebut tepatnya di bagian koran on-off bensin berada di posisi membuka atau menutup. Walaupun pada bagian karburator terbuka, bisa jadi terdapat kotoran yang menyumbat di lubang ventilasi yang ada di bagian tangki bensin. Hal ini bisa menyebabkan bahan bakar menjadi tidak bisa mengalir ke karburator sehingga motor tidak bisa menyala.

Selanjutnya, cek bagian pengapian yang ada di bagian ignition coil serta di bagian busi. Cek apakah di bagian pengapian tersebut terdapat percikan api. Untuk mengecek apakah ada percikan api atau tidak maka Anda harus melepaskan bagian busi dari dudukannya. Setelah itu, tempelkan kepala busi dengan bagian buntut yang masih menempel dengan kabel, ke bagian sirip atau kepala silinder atau yang ada di sekitar busi yang terbuat dari baja atau besi. Kemudian engkolkan kick starter dan perhatikan apakah di bagian busi terdapat percikan api atau tidak dan jika tidak ada maka busi motor Anda harus segera diganti dengan yang baru.

Sedangkan jika Anda menggunakan motor matic, masalah yang biasanya dihadapi adalah air yang masuk ke bagian cup busi terutama untuk matic dengan busi yang dekat dengan roda depan. Untuk mengatasinya maka Anda harus mengelap ataupun meniupnya agar tidak ada air yang tersisa di bagian tersebut. Selain bisa masuk ke bagian busi, air juga bisa masuk ke karburator motor matic. Cara menghilangkannya adalah dengan membuka sekrup pembuangan di bagian mangkuk karbu dan nantinya air akan mengalir dan setelah itu kencangkan kembali buat pembuangannya. Apabila setelah melakukan kedua cara tersebut dan motor matic tetap dalam kondisi mati, maka kemungkinan air sudah masuk be bagian spuyer namun untuk mengatasinya butuh ketrampilan tersendiri. Caranya yaitu:

  • Lepas saluran udara.
  • Hidupkan mesin dan kemudian tutup moncong karburator dengan menggunakan tangan sambil mengencangkan gas.
  • Buka tutup dan sambil di gas.
  • Lakukan cara ini hingga air tersedot ke silinder.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox