Breaking

Minggu, 12 Agustus 2018

Tips Memilih Velg dan Ban Mobil yang Benar

Bagian mobil yang cukup penting adalah velg dan ban. Ban berhubungan dengan permukaan jalan dan fungsi ban yaitu menahan beban, menahan guncangan, meneruskan tenaga dari mesin dan melanjutkan fungsi kemudi. Saat memilih ban maka velg juga perlu diperhatikan, velg atau rim merupakan lingkaran luar desain logam yang tepi bagian dalam dari ban sudah terpasang pada kendaraan seperti mobil. Sehingga perlu diperhatikan beberapa tips memilih velg mobil yang kemudian menyesuaikan ban.
 
 Hasil gambar untuk ban mobil

Berikut adalah tips memilih velg mobil diantaranya:

  • Setiap velg memiliki batas maksimum bebas atau load maximum karena berat beban perlu disesuaikan dengan load maximum pada velg.
  • Jangan mengganti velg dengan diameter terlalu besar, maksimum 2 step atau 1 inchi lebih besar dari velg standar karena penggantian velg dengan diameter lebih besar akan membuat kendaraan lebih tinggi dan menyebabkan ban berhimpitan dengan fender atau spakbor.
  • Perhatikan spesifikasi baut yang diperlukan untuk velg bersangkutan, ada juga mobil menggunakan velg dengan empat baut dan lima baut. Ukuran baut biasanya dikenal dengan istilah PCD yang mempunyai arti jarak lubang baut pada velg.
  • Berat atau ringan sebuah velg tidak menentukan produk tersebut baik atau tidak karena pabrikan sudah menghitung keseimbangan tiap fungsi didalam mobil termasuk velg.

Selain itu, dalam memilih velg mobil lebar dari velg sebaiknya dipertimbangkan supaya tidak berpengaruh terhadap kaki-kaki. Jika lebar velg terlalu ekstrim maka beresiko bibir velg atau ban menyentuh bagian dalam fender. Jika memilih velg mobil dengan cat berfinishing polish, perhatikan dibagian ujung pertemuan antara cat dan polish dan jika ada garis halus putih berarti sudah ada bagian cat yang terkelupas. Untuk mengetahui kualitas velg maka uji dengan cara menggantungnya dengan karet dan mengetahui bunyi.

Berikut adalah tips memilih ban mobil diantaranya:

  • Pilih ban berdasarkan kebutuhan, jika memerlukan ban digunakan sehari-hari sebaiknya jangan memilih ban untuk ajang balapan karena tidak difungsikan secara optimal. Memilih ban yang bagus tanpa memperhatikan kebutuhan atau fungsi akan sia-sia.
  • Perhatikan tipe mobil, untuk kode P atau Passenger menunjukkan ban didesain untuk mobil penumpang, untuk kode LT atau Light Truck menunjukkan ban didesain untuk truk yang beratnya sedan, untuk kode ST atau Special Trailer untuk ban didesain untuk mobil trailer dan kode T atau temporary sebagai ban cadangan dan R merupakan jenis ban radial.

Perhatikan juga tipe ukuran ban dan perhatikan angka dibelakang huruf R dan ukuran yang terlalu kecil dan besar tidak dianjurkan. Perhatikan juga lebar ban yang mempengaruhi daya cengkram dan juga akselerasi pada mobil dan semakin lebar maka daya cengkram semakin kuat. Selain itu, perhatikan juga pola tapak dan desain untuk kenyamanan dalam penggunaan mobil dengan tipe pola V dengan beberapa kelebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox