Breaking

Jumat, 07 September 2018

Tips Membeli Barang di Jual Beli Elektronik Bekas Online

Umumnya barang elektronik bekas dijual di pasar loak saja. Tetapi seiring berkembangnya zaman, barang tersebut juga bisa ditemui di situs jual beli elektronik bekas. Untuk menemukan situs tersebut juga tak sulit karena beberapa situs toko online besar sudah menyediakan fasilitas tersebut. Membeli barang elektronik bekas langsung dan tidak tentu saja berbeda. Jika barang bekas dibeli secara langsung tentu saja Anda bisa mengetahui kondisi fisik serta keadaan aslinya. Tetapi bagaimana jika online? Jangankan untuk mengetahui kondisi, mengetahui karakter penjualnya saja Anda tak bisa. Lalu bagaimanakah tips untuk melakukan transaksi jual beli barang elektronik bekas ini? Simak tips berikut:

Hasil gambar untuk tips beli elektronik bekas

  • Hal pertama yang akan Anda lakukan saat bertransaksi tentu saja mengetahui karakter penjual dahulu. Untuk mengetahui karakternya, Anda bisa melihat testimonial yang diunggah oleh dia maupun oleh konsumennya. Jika testimoninya baik, Anda bisa melanjutkan transaksi. Tetapi jika buruk, sebaiknya urungkan saja. Selain itu untuk melihat kejujuran penjual Anda bisa melihat history transaksi yang ada dalam akun toko onlinenya. Bila melihat history transaksi yang kurang meyakinkan lebih baik pindah toko online saja.

Setelah melihat penjualnya, hal yang dilakukan selanjutnya adalah menilai barangnya. Tentu saja hal ini akan sedikit sulit mengingat barang dijual secara online dan Anda tidak bisa melihat atau menyentuhnya secara langsung. Agar tidak kecewa terhadap barang yang akan dibeli di situs jual beli elektronik bekas, sebaiknya lakukan hal berikut:

  • Lihatlah gambar yang diunggah oleh penjual. Jika perlu zoom gambar tersebut agar lebih jelas. Melihat gambar bisa mengetahui kondisi asli dari barang elektronik bekas tersebut. Usahakan Anda memilih penjual online yang memberikan gambar kondisi barang elektronik secara detil termasuk jika ada kecacatannya.
  • Bacalah deskripsi yang dituliskan oleh penjual secara teliti. Bila belum jelas lebih baik tanyakan terlebih dahulu kepada penjual. Hal ini untuk mengurangi rasa kecewa yang timbul apabila barang yang diterima tidak sesuai.
  • Jika sudah memantapkan pilihan, segera hubungi penjualnya dan lakukan pembayaran sesuai dengan yang disepakati. Sebisa mungkin gunakan rekening bersama saat bertransaksi. Mintalah untuk mengirim barang elektronik Anda secara aman dengan melapisinya menggunakan busa atau menggunakan packing kayu. Pilihlah jasa ekspedisi yang sudah teruji kualitas pelayanannya. Jangan lupa mintalah nomor resi setelah pengiriman dilakukan sehingga Anda bisa mengetahui sudah sampai manakah barang pesanan Anda.

Setelah sampai dirumah, periksalah kembali barang pesanan Anda secara teliti. Pastikan semua kondisi komponen sesuai dengan yang dideskripsikan. Jika ada komponen yang rusak atau kurang berfungsi maksimal, segera memperbaikinya. Demikianlah tips mengenai cara membeli barang elektronik melalui situs jual beli elektronik bekas. Semoga bisa membantu Anda saat akan membeli melalui online.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox