Breaking

Rabu, 04 September 2019

Cara Memulai Usaha Kecil

Tidak sedikit orang yang ingin membuka usaha karena telah bosan bekerja terikat dengan perusahaan. Dengan membuka usaha sendiri, mereka akan lebih mudah untuk mengatur waktu serta mendapatkan keuntungan yang relatif lebih besar dibanding bekerja di perusahaan. Namun, untuk mendapatkan keuntungan yang besar, bukanlah cara yang mudah untuk dilakukan.

Cara Memulai Usaha Kecil

Dibutuhkan ketekunan, keuletan dan ketelatenan untuk menjalankan suatu usaha. Bagi Anda yang ingin membuka sebuah usaha, pastinya Anda akan memulai dengan mencoba peluang usaha kecil terlebih dahulu. Usaha kecil biasanya tidak memerlukan modal yang besar sehingga Anda tidak akan diberatkan mengenai masalah modal.

Salah satu usaha kecil yang dapat Anda jalankan yaitu membuka bisnis laundry. Bisnis laundry memiliki prospek yang sangat bagus karena saat ini, masyarakat lebih memilih untuk menyelesaikan segala sesuatu dengan cara yang mudah dan cepat. Jika Anda tertarik, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mempelajari bagaimana cara memulai usaha laundry.

Cara Memulai Usaha Laundry

Bisnis laundry selain dapat Anda jadikan sebagai usaha pokok, juga dapat Anda jadikan sebagai usaha sampingan dengan tetap menjalankan pekerjaan utama Anda. Lalu, bagaimanakah cara memulai usaha laundry bagi para pemula? Berikut akan disajikan ulasannya :

1. Pilih tempat yang Strategis

Pemilihan tempat usaha sangat berpengaruh terhadap segmen pasar. Jika Anda memilih tempat yang strategis dan mudah dijangkau, biasanya masyarakat akan lebih cenderung pergi ke tempat Anda. Anda dapat membuka usaha laundy di sekitar kampus karena biasanya anak kampus tidak memiliki waktu untuk mencuci baju mereka apalagi jika tugas mereka sedang menumpuk.

Atau bisa juga Anda membuka bisnis laundry di apartemen karena biasanya orang yang tinggal di apartemen lebih memilih untuk me-laundry pakaian mereka daripada mencuci dan menseterikanya sendiri. Mereka lebih menyukai segala sesuatu yang bersifat praktis dan mudah. Jadi, pemilihan lokasi sangat mempengaruhi kesuksesan bisnis laundry yang Anda jalankan.

2. Membuat manajemen yang baik

Pengelolaan manajemen memiliki pengaruh yang besar terhadap keberlangsungan usaha laundry Anda. Tidak sedikit bisnis laundry yang gulung tikar akibat majemen laundrynya yang buruk dan berantakan. Manajemen yang paling berpengaruh besar terhadap bisnis laundry adalah manajemen keuangan. Anda harus mencatat dengan baik berapa total pemasukan dan pengeluaran.

Dengan manajemen keuangan yang baik maka akan diperoleh data yang akurat mengenai besarnya laba/rugi. Jadi tak heran jika banyak bisnis laundry yang mengalami kehancuran dan kerugian yang besar akibat buruknya manajemen keuangannya.

3. Menyiapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan jenis layanan

Pembuatan SOP memiliki pengaruh yang besar terhadap bisnis laundry yang Anda jalankan. Dengan memiliki SOP, Anda tidak akan merasa kelimpungan untuk mengatur bisnis laundry Anda. Terapkan SOP mulai dari penerimaan laundry, pencucian, pengeringan laundry, penyeterikaan, pengemasan hingga penyerahan laundry kepada pelanggan.

Jenis layanan laundry juga harus Anda tentukan dari awal. Apakah Anda akan memberikan jenis layanan laundry kiloan, satuan, laundry kering, mamel, atau yang lainnya. Untuk menentukan jenis layanan laundry, Anda juga harus memperhatikan kemampuan atau keahlian yang karyawan Anda miliki atau kemampuan Anda pribadi jika bisnis laundry ini Anda jalankan sendiri.

4. Konsultasikan dengan yang sudah ahli

Wawasan serta pengetahuan tentang bisnis laundry memang sangat Anda perlukan terlebih lagi jika Anda masih pemula. Anda dapat berkonsultasi dengan orang yang sudah ahli atau terjun lebih dulu pada bisnis ini. Dengan berkonsultasi, Anda akan mendapatkan bimbingan dan pengarahan bagaimana cara menjalankan bisnis laundry dengan baik dan bagaimana cara menyelesaikan berbagai persoalan.

Yang namanya bisnis pasti mengandung risiko tersendiri. Dengan berkonsultasi dengan yang sudah ahli maka tidak menutup kemungkinan Anda akan lebih bersemangat dalam menjalankan bisnis serta memiliki ide-ide bisnis yang lebih kreatif dan inovatif.

5. Pilih franchise laundry yang tepercaya

Bisnis franchise saat ini telah berkembang pesat di Indonesia, sampai-sampai bisnis laundry pun juga ada franchisenya. Dengan bisnis franchise laundry, Anda akan dapat dengan mudah menjalankan usaha laundry Anda. Bisnis franchise biasanya telah memiliki nama di masyarakat sehingga Anda akan lebih mudah untuk menarik pelanggan.

Itulah beberapa cara memulai usaha kecil bagi para pemula untuk menjalankan usaha laundry. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha jadi meski kecil tidak menutup kemungkinan akan menghasilakn sesuatu yang besar.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox