Breaking

Selasa, 03 Desember 2019

5 Aplikasi untuk Membayar Zakat Online

Selain meminta bantuan puasa , umat Islam juga diharuskan membayar  zakat sesuai kebutuhan masyarakat. Saat ini kecanggihan akan teknologi sudah semakin membuat masyarakat menjadi lebih mudah dalam melakukan segala hal. Bahkan kini untuk membayar zakat saja sudah bisa dilakukan secara online. Apalagi saat ini banyak aplikasi untuk membayar zakat online dan banyak lembaga zakat yang terus berlomba-lomba untuk meluncurkan suatu aplikasinya sehingga akan memudahkan umat Islam untuk melakukan zakat secara online. Dengan demikian umat Islam tak perlu lagi datang ke masjid.

5 Aplikasi untuk Membayar Zakat Online

Nah, ingin tahu apa saja aplikasi untuk membayar zakat secara online? Berikut ini adalah 5 aplikasi untuk membayar zakat online yang bisa anda download di Google Play store dan App store karena memang berbasis iOS dan juga Android.

1. DANA

Aplikasi untuk membayar zakat secara online yang pertama yaitu aplikasi DANA. Sejak bulan Ramadhan lalu, aplikasi DANA telah meluncurkan fitur terbarunya yakni Zakat & Donasi. Fitur baru di aplikasi DANA tersebut merupakan salah satu dari hasil kerja samanya dengan Yayasan Dompet Dhuafa. Mereka memiliki tujuan menghadirkan layanan zakat dan juga infaq online.

Sedangkan khusus penyaluran donasi sendiri, aplikasi DANA bersama dengan Dompet Dhuafa sudah menyediakan berbagai macam opsi yang bisa Anda pilih. Beberapa opsi pilihan tersebut di antaranya adalah donasi yang ditujukan untuk 10.000 bingkisan lebaran, sekolah tanpa batas, dana untuk kehidupan, pembebasan gizi buruk, beasiswa untuk negara dan juga bantuan kelompok difabel.

Bukan hanya itu saja, aplikasi ini sudah menyediakan layanan untuk melakukan zakat dan juga donasi secara online atau digital lewat aplikasi dompet digital. dengan demikian masyarakat akan dimudahkan untuk melakukan zakat dan juga donasi hanya dengan melalui QR code yang mana bisa memakai teknologi untuk memindai yang terdapat di aplikasi dompet digital DANA.

2. Kitabisa

Aplikasi selanjutnya untuk membayar zakat secara online yaitu aplikasi Kitabisa yang mana zakat yang disalurkan kepada orang yang sudah menjadi mitra. Mulai dari dompet dhuafa, LAZIZNU-NU CARE, BAZNAZ atau Badan Amil Zakat Nasional, Rumah Zakat dan juga Global Zakat-Aksi Cepat Tanggap.

Bagi para pengguna yang sudah punya aplikasi Kitabisa dan sudah punya akun, maka di dalamnya akan menjumpai menu yang bertuliskan “Tap Zakat” kemudian pilihlah lembaga mitra zakat yang disediakan oleh aplikasi Kitabisa lalu klik Zakat langsung. Misalnya jika Anda akan memilih mitra zakat BAZNAZ, maka tinggal klik Tunaikan Zakat dan isilah nominal zakat kemudian pilihlah metode pembayarannya.

3. Amalin

Aplikasi Amalin merupakan salah satu aplikasi untuk membayar zakat secara online yang mana zakat yang diberikan akan disalurkan langsung ke kontribusi organisasi pemberdayaan masyarakat, dakwah dan advokasi zakat dan juga pelayanan untuk dhuafa. Aplikasi bayar zakat online yang satu ini telah memberikan penawaran berupa pilihan zakat mulai dari zakat emas, zakat pertambangan, zakat pertanian atau perkebunan, zakat perdagangan, zakat profesi dan juga zakat harta.

Sebelum Anda melakukan pembayaran zakat melalui aplikasi Amalin, maka Anda bisa menghitung jumlah zakat yang akan Anda berikan terlebih dahulu yakni dengan menggunakan fitur kalkulator Zakat yang sudah disediakan oleh aplikasi tersebut. Kemudian barulah Anda bisa langsung membayar zakat serta bisa memilih metode untuk melakukan pembayarannya.

4. Tokopedia Zakat

Tahukah Anda bahwa Tokopedia bukan hanya menjadi marketplace untuk membeli berbagai macam barang, sebab selama bulan Ramadan aplikasi Tokopedia akan menyediakan layanan untuk membayar zakat melalui aplikasi ini. Sebagaimana aplikasi bayar zakat online yang lainnya, aplikasi Tokopedia zakat juga telah bekerja sama dengan badan zakat seperti Rumah Zakat, BAZNAZ, LAZIZNU-NU CARE dan juga Dompet Dhuafa.

Dengan demikian bagi Anda yang ingin melakukan pembayaran zakat secara online melalui aplikasi Tokopedia zakat, maka Anda hanya tinggal klik Zakat dan kemudian masukkanlah jumlah zakat yang akan Anda berikan. Selanjutnya klik lanjut dan masukkan juga nomor NPWP lalu terakhir klik Bayar Zakat.

5. Zakat Mobile

Aplikasi untuk membayar zakat online yang terakhir yaitu Zakat Mobile. Untuk melakukan pembayaran zakat melalui zakat mobil ini, maka Anda diharuskan untuk mendaftarkan diri yang dijadikan sebagai salah satu pemegang zakat di lembaga Rumah Zakat. Aplikasi ini telah dikembangkan oleh Rumah Zakat dan Petani Digital yang bertujuan supaya para penggunanya bisa memperoleh informasi seputar sedekah, infaq, zakat dan juga berita terbaru terkait dengan Rumah Zakat.

Nah, sangat bermanfaat sekali bukan dengan adanya 5 aplikasi untuk membayar zakat online di atas? Yuk, zakat online melalui aplikasi-aplikasi di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox