Breaking

Kamis, 11 Juni 2020

Pengertian Dan Jenis-jenis Sedekah Dalam Agama Islam

Sedekah merupakan salah satu perkara yang dianjurkan bagi umat Islam, karena hukumnya sunah dan apabila dikerjakan maka akan mendapatkan bonus berupa pahala serta beberapa manfaat lainnya salah satunya memupuk rasa kemanusiaan sehingga hidup menjadi lebih bermakna.

Sedekah sedikit berbeda dari infaq online dan zakat online, karena zakat mempunyai beberapa ketentuan khusus baik waktu pelaksanaan dan takarannya. Sedangkan sedekah bisa dilakukan kapan saja apabila mempunyai waktu luang dan memiliki rezeki lebih untuk di berikan kepada orang yang membutuhkan.

Pengertian Dan Jenis-jenis Sedekah Dalam Agama Islam

Di dalam prakteknya, sebenarnya sedekah, zakat dan infaq mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk menghapus dosa dan memberikan kesejahteraan bagi orang yang membutuhkan. Agar semakin jelas mengenai pengertian dan jenis-jenis sedekah di dalam agama Islam, cermati ulasannya berikut ini.

Pengertian Sedekah Dalam Agama Islam

Sedekah merupakan salah satu kata yang berasal dari Bahasa Arab yaitu Shodaqoh, adapun artinya yaitu memberikan secara Cuma-Cuma atau sukarela. Di dalam pelaksanaannya, sedekah di lakukan tanpa melihat waktu dan jumlah yang akan di berikn kepada orang lain. Namun, sasaran atau orang yang akan di berikan harus tepat agar nantinya lebih bermanfaat.

Apabila tidak mempunyai harta berlebih dan ingin melaksanakan sedekah, tidak perlu bingung. Karena, ada hadist tentang pengertian dan jenis-jenis sedekah yang di sampaikan oleh Nabi Muhammad SAW dan di tulis oleh para perawi masyhur mengatakan bahwa sedekah bukan hanya tentang harta saja namun bisa di lakukan dengan hal lain berupa tenaga maupun hal-hal baik lainnya.

Bahkan, di sebuah hadist nabi lainnya di sebutkan bahwa memberikan senyuman kepada orang lain juga merupakan sedekah. Karena dengan senyuman, maka akan membuat suasana hati orang lain menjadi lebih rileks dan santai sehingga lebih termotivasi melakukan hal-hal baik. Namun, jangan sampai memberikan senyuman secara berlebihan kepada orang-orang di jalanan karena bisa merugikan diri sendiri.

Ada beberapa hadist nabi yang menjelaskan tentang keutamaan melakukan sedekah yang bisa di lakukan dengan berbagai cara serta manfaatnya bisa dirasakan untuk kehidupan dunia dan akhirat, berikut contoh-contoh hadist yang menerangkan tentang pentingnya pengertian dan jenis-jenis sedekah:

1.     Di riwayatkan oleh Imam Muslim dari sabda rasulullah SAW: “Dan sedekah adalah sebuah bukti.”

 

Hadist tersebut mengandung makna bahwa dengan bersedekah maka keimanan seseorang akan terbukti, karena di dalam menjalankan sedekah harus di laksanakan dengan hati ikhlas, tulus serta semata-mata untuk meraih ridho Allah SAW. Jadi, apabila sedekah sering di lakukan maka hati akan terasa lebih tenang serta iman dan taqwa menjadi semakin bertambah.

 

2.     Di riwayatkan oleh Imam Tirmidzi di dalam sebuah hadist yang di sabdakan oleh Rasulullah SAW, yaitu: “ Sedekah itu tidak akan membuat harta berkurang.”

 

Hadist tersebut mengandung makna bahwa dengan mengeluarkan harta untuk di sedekahkan, maka hartanya tidak akan berkurang. Justru akan semakin bertambah karena mendapatkan berkah dan doa dari orang-orang yang di berikan sedekah. Hal ini relevan dengan salah satu ayat di dalam alqur’an yang menyebutkan bahwa orang yang bersedekah pasti akan mendapat ganti yang lebih baik di dalam rizki maupun hidupnya.

 

3.     Di sebuah hadist yang di riwayatkan dari Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda: 

 

“Setiap ruas jari yang ada pada manusia bisa dijadikan sarana untuk sedekah, membantu orang lain yang akan naik kendaraan atau membantu menaikkan barang bawaan ke dalam kendaraan juga bagian dari sedekah. Apabila melihat batu di jalan kemudian menyingkirkannya, maka hal tersebut juga sedekah. Mengucapkan perkataan yang baik kepada orang lain merupakan sedekah.”

Inti dari arti hadist tersebut yaitu, menerangkan bahwa untuk melakukan sedekah bisa di lakukan dengan beberapa kebaikan yang bermanfaat untuk ornag lain atau secara lebi singkatnya sedekah tidak harus di  lakukan dengan harta benda. Ada beberapa jenis sedekah yang bisa di pilih sesuai dengan kemampuan.

Jenis-jenis Sedekah Dalam Agama Islam

Pengertian dan jenis-jenis Sedekah mempunyai arti yang lebih luas dari infaq, namun banyak orang yang menganggap sedekah dan infaq adalah suatu hal yang sama. Dilihat dari segi pengertian secara Bahasa, sedekah dan infaq sangat berbeda. Infaq artinya membelanjakan harta di jalan Allah, sedangkan sedekah yaitu memberikan secara cuma-cuma kepada orang lain semata-mata ingin mengharap ridho Allah.

Di dalam pelaksanannya, infaq di berikan dengan berupa harta atau uang. Sedangkan sedekah, untuk melaksanakannya tidak harus menggunakan harta tapi bisa di lakukan dengan memberikan hal-hal lain yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Berikut jenis-jenis sedekah dalam agama Islam yang wajib Anda ketahui:

·      Sedekah Dengan Materi (Harta)

 

Harta atau uang merupakan salah satu sarana yang paling sering di manfaatkan untuk bersedekah, karena banyak orang beranggapan bahwa dengan memberikan uang maka akan lebih terasa manfaatnya bagi penerima sehingga bisa di belanjakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

·      Sedekah Barang

Selain dengan harta atau uang, sedekah juga bisa dilakukan dengan memberikan barang yang bermanfaat bagi orang lain. Contohnya, sembako maupun barang-barang lain untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Memberikan sedekah berupa barang hendaknya perlu di perhatikan kelayakannya, jangan sampai memberikan barang yang sudah rusak kondisinya karena hal tersebut bisa saja menimbulkan rasa kecewa bagi penerima.

·      Sedekah Dengan Perbuatan Baik

 

Ada berbagai macam cara yang bisa di lakukan untuk bersedekah, salah satunya dengan perbuatan baik untuk membantu sesama. Contohnya, dengan sedekah tenaga apabila ada tetangga maupun orang yang membutuhkan pertolongan atau ikut dalam kegiatan gotong royong di dalam lingkungan tempat tinggal.

 

Di dalam salah satu hadist nabi di sebutkan bahwa untuk melakukan sedekah bisa dilakukan dengan semua hal yang bermanfaat bagi orang lain, yang terpenting harus di lakukan dengan hati ikhlas serta hanya mengharap ridho dari Allah semata. Adapun besar atau kecil jumlah sedekah tidak menjadi soal, karena tidak ada ketentuan khusus di dalamnya.

 

Cara Bersedekah

Ada beberapa cara yang bisa di lakukan berdasarkan pengertian dan jenis-jenis sedekah di dalam kehidupan sehari-hari, berikut contohnya:

·      Apabila ingin memberikan sedekah, maka pastikan harta maupun barang yang akan di berikan jelas ke halalannya atau berasal dari rezeki halal. Karena jika bersedekah dengan barang yang di dapatkan tidak sesuai syariat atau haram, maka tidak akan mendapatkan pahala dan tidak terhitung menjadi amal baik.

 

·      Apabila mempunyai rezeki lebih, jangan ragu untuk memberikan sedekah kepada yang membutuhkan. lakukan dengan hati ikhlas dan berikan kepada fakir miskin atau anak yatim yang tinggal di sekitar rumah secara Cuma-Cuma tanpa memandang rasa tau agama.

 

·      Bersedekah melalui yayasan sosial, saat ini untuk bisa bersedekah caranya sangat mudah. Yaitu dengan mendatangi yayasan sosial atau berdonasi melalui platform digital terpercaya dan lembaga penyalur bantuan agar lebih tepat sasaran serta mudah dan cepat.

Di dalam Agama Islam, sedekah memang tidak wajib hukumnya. Namun hal tersebut sangat dianjurkan bagi umat muslim, karena di dalamnya ada banyak hikmah serta pelajaran yang bisa membuat hati menjadi lebih tenang serta menambah keimanan. Dengan membaca sedikit ulasan mengenai pengertian dan jenis-jenis sedekah diatas, semoga bisa membuat kita semua termotivasi untuk gemar bersedekah. Karena dengan sedekah, hidup menjadi berkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox