Breaking

Rabu, 29 Juli 2020

Sudah Punya Tabungan Dana Darurat? Apa Sih Gunanya?

Hidup seseorang tidak selalu sesuai dengan apa yang direncanakan. Kadang kala terjadi suatu hal yang diluar rencana dan bahkan dapat membuatnya kembali ke titik nol dimana ia kehilangan hal yang besar di dalam hidup. 


Sudah Punya Tabungan Dana Darurat? Apa Sih Gunanya?


Saat hal ini terjadi, ada baiknya Anda sudah memiliki rencana cadangan dengan menyisihkan dana sebagai tabungan. 


Sebagai contoh, sebuah musibah bisa saja merenggut nyawa keluarga yang dicintai, rumah dan harta benda hingga sumber penghasilan Anda. 


Dalam kondisi tersebut Anda akan merasa lebih baik jika memiliki dana darurat yang bisa digunakan untuk mengatasi krisis hingga semuanya kembali seperti semula.

 

Tabungan darurat ini seharusnya dimiliki oleh setiap orang dan direncanakan setiap bulannya. Sayangnya kebanyakan orang hanya memiliki tabungan yang ditujukan untuk kebutuhan konsumtif saja sehingga justru ketika sangat membutuhkan dana, tak ada dana dari tabungan yang tersisa. Padahal tabungan darurat memiliki fungsi yang sangat vital diantaranya:

 

  • Untuk tabungan duka cita jika terjadi kematian karena biaya kematian dan peringatan kematian cukup besar.
  • Untuk penanganan akibat bencana alam misalnya gempa bumi, banjir dan sebagainya.
  • Dana talangan jika terjadi kebutuhan mendadak yang penting misalnya yang berhubungan dengan kesehatan.
  • Dana untuk kebutuhan keamanan.
  • Dana untuk perbaikan rumah atau mobil jika terjadi kerusakan atau kecelakaan.
  • Dsb.

 

Lalu bagaimana agar Anda bisa memiliki dana darurat sebagai tabungan? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:


1. Menabung minimal 10% dari penghasilan setiap bulannya khusus untuk tabungan darurat


2. Tidak mengambil tabungan ini untuk kebutuhan konsumtif atau kebutuhan lain di luar kebutuhan darurat


3. Menetapkan batasan atau limit tertinggi misalnya Rp. 10 juta, Rp. 25 juta dan sebagainya sesuai dengan keinginan Anda. setelah mencapai limit tersebut, Anda bisa menyimpan dana di bentuk tabungan lainnya misalnya tabungan konsumtif.


4. Menggunakan sebagian dana tabungan darurat untuk investasi yang mudah diambil sewaktu-waktu.

 

Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda akan lebih tenang karena memiliki simpanan dana yang bisa digunakan jika sewaktu-waktu ada kebutuhan yang bersifat emergency. Kebutuhan akan tabungan darurat ini adalah kebutuhan siapa saja, namun terlebih lagi bagi mereka yang sudah memiliki keluarga karena semakin besar anggota keluarga maka semakin besar juga resiko kedaruratan yang bisa terjadi.

 

Banyak sekali bukan manfaat dari dana darurat? Jika Anda belum memilikinya, segera mulai untuk menyisihkan sebagian penghasilan sehingga di kemudian hari Anda sudah bisa tenang karena memiliki simpanan dana untuk kebutuhan yang bersifat emergency. 


Lakukan perlahan-lahan sehingga kebutuhan Anda yang lain tidak terabaikan. Terapkan gaya hidup sederhana agar bisa memiliki tabungan darurat dengan jumlah yang cukup lebih cepat tanpa mengurangi pemenuhan kebutuhan pokok lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox